HRUM Anggarkan Belanja Modal US$6,2 juta

Friday , 19 May 2017 02:23

PT Harum Energy Tbk (HRUM) menganggarkan belanja modal sepanjang tahun ini sebesar US$6,2 juta. 

Berdasarkan materi paparan yang dipublikasikan BEI, Jumat (19/5), belanja modal ini akan digunakan untuk aset eksplorasi dan evaluasi, pemeliharaan kapal tunda dan tongkang, perolehan peralatan dan perlengkapan, bangunan dan prasarana, serta lainnya.

Sampai dengan kuartal pertama tahun ini, belanja modal yang sudah direalisasikan sekitar US$600.000. Dana tersebut dialokasikan untuk aktivitas pengeboran dan eksplorasi serta persiapan pra operasi untuk KUP dan kompensasi lahan untuk PT Mahakam Sumber Jaya (MSJ), pemeliharaan pakal tunda dan tongkang, serta pembelian kendaraan.

Perseroan merencanakan produksi MSJ sepanjang tahun ini sekitar 4-4,5 juta ton, dengan target stripping ration sekitar 9 kali. 

Sementara PT Santan Batubara masih dalam suspensi pada tahun ini, namun persiapan awal untuk dapat memulai produksi pada tahun mendatang telah dilakukan (tergantung pada kondisi pasar). 

Sedangkan anak usaha lainnya, PT Karya Usaha Pertiwi masih dilakukan revisi studi kelayakan dan amdal dalam proses beserta perpanjangan IUP operasi produksi, aktivitas eksplorasi untuk memverifikasi cadangan dan sumber daya yang sudah dimulai sejak 2015, serta persiapan pra operasi telah dimulai agar produksi dapat dimulai pada 2018. 

Adapun PT Tambang Batubara Harum saat ini dalam tahap finalisasi pengembangan tahap pre-operasi di mana produksi akan dimulai apabila kondisi pasar sudah cukup mendukung. 

Pada kuartal I 2017, perseroan membukukan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sekitar US$12,4 juta atau naik 618,6% dari US$1,7 juta pada kurun waktu serupa tahun sebelumnya. Capaian ini ditopang oleh pertumbuhan pendapatan sekitar 79,2% atau emnjadi US$78,7 juta. 

Peningkatan pendapatan didukung oleh menguatnya volume penjualan sekitar 42,2% dan harga jual rata-rata lebih besar 27,4%.




Sumber : ANTARANEWS.COM